Program Studi

PROGRAM STUDI AHLI MADYA (D3) TEKNIK MEKATRONIKA
Mekatronika secara keilmuan adalah gabungan dari beberapa cabang ilmu keteknikan, diantaranya: Teknik Mesin/Mekanik, Teknik Kontrol, Teknik Elektro, dan Pengetahuan Perangkat Lunak (software) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum. Setiap lulusan Teknik Mekatronika dibekali kemampuan memahami, merancang, membuat dan memelihara sistem otomasi industri sehingga dapat berperan aktif dan handal dalam setiap kegiatan perencanaan, proses produksi, pengembangan kualitas output dan pemeliharaan hasil-hasil produksi.
Karir Program Studi :

Berdasarkan kompetensi yang dimiliki, lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh para lulusan Teknik Mekatronika diantaranya adalah:

  1. Industri rancang-bangun infrastruktur bagi eksplorasi dan eksploitasi minyak bumi dan mineral.
  2. Perusahaan operasi dan produksi sumber daya energi (listrik) dan tenaga uap.
  3. Perusahaan jasa pemeliharaan alat-alat produksi dan operasi pada industri hulu dan industri hilir perminyakan.
  4. Industri produksi Pulp and Paper
  5. Industri pengelolaan logam, aluminium dan non ferros metal lainnya.
  6. Industri produksi yang berbasis elektronika dan mikroprocessor.
  7. Bidang kerja berbasis mekanik dan instrumentasi  elektronik lainnya

Posisi pekerjaan yang dapat dimasuki diantaranya:

  1. Senior Drafter (CAD/CAM)                  
  2. Head Control System Technician
  3. Head Field Maintenance
  4. Head Operator
  5. Instructor
  6. Senior Technician (Instrument/Machines)
  7. Senior Robotic System Maintenance
  8. Supervisor
  9. Entrepreneur

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNOLOGI REKAYASA KOMPUTER (PSTRK)
Merupakan transformasi Program Studi D3 Teknik Komputer yang didirikan tahun 2001. Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Komputer (PSTRK) ini mengambil tempat dalam arus perkembangan Industri 4.0 menjadi Society 5.0 di bidang kecerdasan buatan, big data, dan cyber security.

Mahasiswa PSTRK akan memiliki kemampuan di bidang Embedded System yang cerdas dan adaptif serta kemampuan Jaringan Komputer dan Cyber Security yang mendukung penerapan Big Data dan Internet of Things. Kurikulum disusun dengan melibatkan IDUKA, alumni dan pakar kurikulum. Profil Lulusan PSTRK yaitu : Engineer of Embedded System (ES), dan Engineer of Computer Network and Security System (CNSS).

Lulusan PSTRK dapat berkarir sebagai: 
  1. IT Administrator
  2. Devnet Engineer
  3. Cyber Security Engineer
  4. Cloud Engineer
  5. Network Engineer
  6. System Administrator
  7. Programmer
  8. Embedded System Engineer
  9. Internet of Thing Developer
  10. Project Engineer
  11. Chief Technology Officer

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNOLOGI REKAYASA SISTEM ELEKTRONIKA (PSTRSE)

Merupakan transformasi dari Program Studi D3 Teknik Elektronika yang berdiri sejak tahun 2001. PSTRSE menghasilkan lulusan dengan peran Analis Sistem Elektronika dan Perekayasa Sistem Elektronika. Analisis Sistem Elektronika adalah sarjana terapan dengan pekerjaan menganalisis dan menentukan solusi permasalahan sistem elektronika berbasis Mikroprosesor dan Mikrokontroler seperti mini komputer dan PLC. Perekayasa Sistem Elektronika adalah sarjana terapan yang menerapkan kaidah keilmuan elektronik dalam pekerjaan merancang, mengaplikasikan, memasang, manufaktur, mengoperasikan dan merawat sistem elektronika berbasis Mikroprosesor dan Mikrokontroler seperti mini komputer dan PLC.
Lulusan PSTRSE akan berkarir sebagai :

  • Supervisor Instrumentasi
  • Supervisor Kontrol Proses
  • Desainer Sistem Elektronika
  • Engineer Instrumentasi
  • Engineer Kontrol Proses

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNOLOGI REKAYASA JARINGAN TELEKOMUNIKASI (PSTRJT)

Merupakan transformasi dari Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi yang berdiri sejak tahun 2001. PSTRJT memiliki keunggulan ada pada beberapa aspek, yaitu kurikulum, fasilitas, dan tata kelola. Kurikulum diintegrasikan dengan industri dan SKKNI yang terlihat dalam profil lulusan. Teknologi jaringan komunikasi data menyatu dengan kurikulum program sertifikasi CCNA dan DEVNET Cisco Academy Indonesia.  Pada aspek fasilitas PSTRJT memiliki 5 laboratorium dengan peralatan yang sangat memadai sesuai standar industri seperti router dan switch cisco, mikrotik, network analyzer dan splicer fiber optic.

Lulusan PSTRJT akan berkarir sebagai :

  • Network Designer
  • System Administrator
  • Network Security Engineer
  • Internet Traffic Engineer
  • IoT Developer
  • RF Engineer
  • Cloud Computing Developer
  • Instruktur
  • Supervisor di berbagai industri

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) AKUNTANSI PERPAJAKAN (PSAkP)

Merupakan transformasi dari Program Studi D3 Akuntansi yang berdiri pada tahun 2003.
Keunggulan Program Studi D4 Akuntansi Perpajakan pada Politeknik Caltex Riau yaitu:

  1. Keunggulan pemahaman akuntansi dan perpajakan pada jenis perusahaan perkebunan dan perminyakan serta berbagai jenis usaha turunannya.
  2. Memiliki nilai dasar budaya melayu serumpun (Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand Selatan dan Filiphina Selatan) yang dapat diterapkan alumni dalam dunia kerja dengan negara tetangga sekawasan/Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 

Ciri khas Akuntansi dan Perpajakan pada perusahaan perkebunan dan perminyakan dengan nilai dasar budaya melayu serumpun terlihat dari mata kuliah kekhasan yang terdiri dari 21 SKS yang tersusun dalam mata kuliah berikut ini: 

  1. Kesenian dan Budaya Melayu
  2. Pengetahuan Dasar Tanaman Perkebunan
  3. Manajemen Proyek Perkebunan
  4. Pengelolaan Industri Perkebunan
  5. Praktikum Akuntansi Perkebunan
  6. Pengetahuan Dasar Perminyakan
  7. Manajemen Proyek Perminyakan
  8. Pengelolaan Industri Perminyakan
  9. Praktikum Akuntansi Perminyakan

Kompetensi Program Studi :

  1. Akuntansi Keuangan
  2. Akuntansi Perminyakan
  3. Akuntansi Perkebunan
  4. Komputer Akuntansi

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNIK INFORMATIKA (PSTI)

Merupakan program studi yang berdiri sejak tahun 2008. Tujuan pendirian adalah untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja di bidang teknologi informasi yang berkembang pesat, serta untuk meningkatkan kebutuhan tenaga pengajar untuk institusi pendidikan vokasi. 

Profil Lulusan PSTI yaitu :

  1. Multimedia Developer
  2. Softwere Developer
  3. IT Infrastucture

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) SISTEM INFORMASI (PSSI)

Prodi ini merupakan program sarjana sains terapan (D-IV) pertama se-Sumatera. Pada Program Studi Sistem Informasi ini, mahasiswa akan menguasai program aplikasi bisnis, pemanfaatan media informasi dalam bentuk sistem informasi , data warehouse, manajemen yang dibutuhkan perusahaan (Enterprise Resource Planning, Customer Relationship Management, dan Supply Chain Management).

Mahasiswa PSSI dapat menguasai dan membuat tiga program tersebut untuk sebuah perusahaan. Untuk tujuan penguasaan tersebut, mahasiswa prodi ini didukung dengan delapan laboratorium di antaranya lab jaringan pemograman, web programming dan sistem operasional. Lulusan prodi ini adalah orang-orang yang memiliki skill teknis terlatih baik dalam hal programming maupun dalam penguasaan aplikasi jaringan. Para alumni dari prodi ini bekerja di sejumlah perusahaan ternama seperti Chevron, Schlumberger, Pertamina, di sejumlah bank, teknisi IT dan wiraswasta.

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNIK ELEKTRONIKA TELEKOMUNIKASI

Merupakan bagian dari Jurusan Elektro. Prodi ini juga yang pertama se-Sumatera menggelar program sarjana sains terapan (D-IV). Pada Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi, mahasiswa akan menguasai desain dan rekayasa perencanaan jaringan telekomunikasi dan elektronika, komunikasi data, radar, perencanaan antena, multimedia broadcastingmobile communication, rekayasa trafik, dan troubleshooting perangkat telekomunikasi.

Kompetensi Program Studi :

  1. Mampu merancang, memasang, dan merawat jaringan telekomunikasi (meliputi komunikasi optik, wireline dan wireless).
  2. Memiliki kemampuan dalam merawat dan perbaikan sistem komunikasi bergerak (mobile communication) dan multimedia broadcasting.
  3. Memiliki kemampuan dalam perancangan dan implementasi jaringan komputer (LAN dan WAN) yang berbasis pada sistem integrator dalam bidang Information and Communication Technologi (ICT).
  4. Memiliki kemampuan dalam pengembangan dan perawatan jaringan komputer (LAN dan WAN).

Karir Program Studi :

Lulusan  Teknik Elektronika Telekomunikasi banyak bekerja di berbagai bidang. Program studi T. Elektronika D4 berada di bawah jurusan Elektro membuat lulusannya banyak diserap di berbagai perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, baik perusahaan nasional maupun multinasional. Sebagian besar alumninya bekerja di perusahaan multinasional minyak dan gas bumi, disusul dengan bidang telekomunikasi seluler di mana untuk bidang ini lulusannya mampu bersaing dengan yang lain.

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNIK MESIN

Mahasiswa program studi ini mampu merancang produk dengan menggunakan software Computer Aided Design (CAD), baik 2D maupun  3D, mampu menganalisa desain produk rancangan, mampu mengoperasikan  mesin-mesin produksi baik mesin konvensional maupun mesin berbasis Computer Numerical Control (CNC), mampu merancang proses permesinan dengan bantuan software Computer Aided Maufacturing (CAM) yang memudahkan dalam proses mesin berbasis CNC.

Untuk bidang Perancangan Mesin yang dibahas adalah teknik menggambar mesin baik secara manual maupun dengan menggunakan software seperti Computer Aided Design (CAD) 2D dan CAD 3D. Selain itu mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan dalam merawat dan memperbaiki sistem permesinan, baik sistem perawatan berkala maupun overhoul.

Profil Lulusan Program Studi D4-Teknik Mesin :

  1. Drafter
  2. Supervisor Proses Produksi
  3. Supervisor Manajemen Perawatan
  4. Supervisor Quality Control
  5. Research & Development (R&D) Industri Manufaktur
  6. Supervisor Pertambangan maupun Energi
  7. Oil and Gas Engineer
  8. Welding Supervisor
  9. Instruktur Laboratorium 

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4) TEKNIK LISTRIK

Tujuan dari pendirian Program Studi ini adalah untuk memenuhi permintaan pasar kerja akan tenaga kerja dibidang Listrik yang semakin berkembang dengan pesat

Kompetensi Lulusan :

  1. Mampu merancang sistem instalasi dan otomasi tenaga listrik pada sistem tegangan rendah dan menengah dan mewujudkannya dengan aplikasi Computer Aided Design (CAD) dengan mengacu pada  standar enginering.
  2. Mampu memasang sistem instalasi, proteksi dan otomasi pada system tenaga listrik  dengan menggunakan teknologi programmable controller.
  3. Mampu melakukan analisa karakteristik, kesalahan serta optimasi pada pengoperasian dan perawatan system instalasi, proteksi dan otomasi system tenaga listrik.
  4. Mampu memimpin dan mengatur pada pekerjaan pemasangan, pengoperasian, dan perawatan sistem instalasi, proteksi dan otomasi tenaga listrik.

Mahasiswa juga dipersiapkan agar mampu memimpin dan mengatur pekerjaan pemasangan, pengoperasian dan perawatan sistem instalasi dan otomasi tenaga listrik. Oleh karena itu mahasiswa dibekali dengan pengetahuan pendukung seperti komunikasi, bahasa, kepemimpinan, hukum, dan kemampuan soft skill lainnya. Bidang ilmu pendukung tersebut juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari materi yang dipelajari mahasiswa.

Informasi lengkap dan kurikulum : http://pcr.ac.id

Back to top