Pekanbaru (9/4) - Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Politeknik Caltex Riau (PCR) membuka jalur khusus pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 melalui seleksi rapor.

 

Jalur Khusus Covid-19 Penerimaan Mahasiswa Baru ini diselenggarakan Politeknik Caltex Riau berdasarkan beberapa kajian dan surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah dan Direktur Politeknik Caltex Riau untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona.

Kepala Bagian Pemasaran dan Penerimaan Mahasiswa Baru Edi Tri Prayitno, S.I.Kom. mengatakan bahwa jalur khusus ini akan dibuka pada pertengahan bulan April.

"Penerimaan Mahasiswa Baru Khusus Covid-19 ini akan kita buka pendaftarannya pada tanggal 13 April hingga 12 Juni mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online di website pmb.pcr.ac.id", katanya

Ia juga menegaskan bahwa, semua proses pendaftaran pada jalur ini cukup dilakukan dari rumah saja, tidak perlu datang ke kampus Politeknik Caltex Riau.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap #dirumahaja, para pendaftar tidak perlu datang ke kampus. Cukup daftar dari rumah, lengkapi data diri dan berkas yang diminta kemudian di upload ke sistem penerimaan mahasiswa baru PCR," tegasnya

Selain itu, proses seleksi pada jalur ini berdasarkan nilai rapor khsusnya pada semester 5.

"Secara konsep dan alur, jalur khusus ini mirip seperti jalur PSUD. Proses seleksi berdasarkan nilai rapor. Namun ada perbedaan dimana pada jalur ini para pendaftar bisa memilih semua program studi yang ada di PCR. Jadi mau peserta berasal dari jurusan apapun ketika sekolah bisa mengambil semua program studi di PCR, tidak seperti pada jalur PSUD dimana program studi dibatasi berdasarkan jurusan di sekolah. " tambah Edi

Total sebanyak 10 program studi yang tersedia pada Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Khusus Covid-19 pada tahun 2020 ini. Adapun program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa antara lain D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Komputer, D3 Teknik Mekatronika dan D3 Akuntansi. Kemudian, D4 Teknik Informatika, D4 Teknik Listrik, D4 Teknik Mesin, D4 Teknik Elektronika Telekomunikasi dan D4 Sistem Informasi. Untuk akreditasi program studi 50% sudah berakreditasi A dan 50 % lainnya berakreditasi B.

Adapun persyaratan untuk mendaftar mahasiswa baru jalur khusus covid-19 antara lain adalah pendaftar merupakan lulusan tahun 2020 atau maksimal 2 tahun dari kelulusan (2018), memiliki akun email dan nomor telepon yang aktif, nilai rata-rata pada rapor semester 5 75/7.5 dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 yang bisa dibayarkan melalui transfer antar bank/mobile banking/internet banking.

Untuk tanggal penting pada penerimaan mahasiswa baru jalur ini proses pendaftaran dilakukan pada tanggal 13 April - 12 Juni 2020. Pengumuman 17 Juni 2020 serta daftar ulang pada 22-26 Juni 2020. Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru bisa langsung kunjungi website pmb.pcr.ac.id atau bisa hubungi panitia dinomor 0811-758-0101.

 


Back to top