Pekanbaru (8/1) – Politeknik Caltex Riau kembali membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/201.  Penerimaan mahasiswa baru tahun ini dibagi menjadi 3 jalur antara lain Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD), Ujian Masuk Politeknik Caltex Riau (UMPCR) serta Ujian Mandiri CBT.

 

Untuk jalur pertama sudah dibuka pendaftarannya yakni jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD) sejak Oktober 2019 dan akan berakhir pada 21 Februari 2020 mendatang.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Caltex Riau Roni Novison, S.T., M.T mengatakan bahwa tahun ini jalur penerimaan mahasiswa baru sama seperti tahun sebelumnya.

“Tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya terkait jalur penerimaan mahasiswa baru. Pada jalur pertama ini kita membuka jalur PSUD dan Ujian Mandiri CBT dengan sistem online,” ujarnya

Proses seleksi pada jalur PSUD ini mengacu pada rata-rata nilai rapor siswa SMA/SMK/MA dari semester 1 hingga semester 4 minimal 7,5 (tujuh koma lima) atau 75 (tujuh puluh lima). Adapun daftar mata pelajaran pada jurusan IPA yang dilihat yakni Matematika, Bahasa Inggris dan Fisika. Untuk jurusan IPS yakni Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi/Akutansi.

Sedangkan yang berasal dari SMK nilai rata-rata berasal dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Program Produktif/Program Keahlian. Selain itu, para peserta PSUD harus melengkapi semua berkas secara online di website penerimaan mahasiswa baru pmb.pcr.ac.id.

Roni juga mengatakan bahwa hampir setengah dari total kuota mahasiswa diserap berdasarkan jalur PSUD.

“Hampir 50 % kouta mahasiswa baru diambil dari jalur PSUD. Ini merupakan peluang bagi adik-adik yang masih sekolah ataupun sudah tamat dimana maksimal 2 tahun sebelumnya bisa mengikuti PSUD dimana peluang untuk menjadi bagian mahasiswa Politeknik Caltex Riau terbuka besar,” ungkapnya

Selain itu, untuk Jalur Ujian Mandiri dibuka setiap hari senin hingga jumat. Sedangkan UMPCR akan dibagi menjadi 3 gelombang yakni UMPCR 1 akan diselenggarakan pada bulan Mei, UMPCR 2 pada bulan Juni serta UMPCR 3 pada bulan Juli mendatang

Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau tahun 2020 bisa menghubungi panitia di nomor 0811-758-0101 atau bisa melalui email di pmb@pcr.ac.id.


Back to top