Pekanbaru (20/7) – Politeknik Caltex Riau (PCR) membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Ahli Madya (D3) dan jalur alih jenjang D3 ke D4. Pendaftaran mahasiswa baru ini dibuka secara online hingga tanggal 3 Agustus 2020.

 

Kepala Bagian Pemasaran dan Penerimaan Mahasiswa Baru PCR, Edi Tri Prayitno, S.I.Kom mengatakan bahwa jalur ini diperuntukan untuk calon mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja.

“Penerimaan mahasiswa baru untuk jalur RPL ini sudah kita selenggarakan pada tahun sebelumnya. Syarat utama untuk mendaftar pada jalur RPL D3 ini adalah calon mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja minimal 6 bulan dan tidak ada batas usia,” ujarnya.

Edi Juga menambahkan bahwa tahun ini PCR membuka 5 (lima) program studi untuk jalur RPL dan 3 (tiga) program studi untuk alih jenjang ke D4..

“Teknik Komputer, Teknik Mekatronika, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Akuntansi merupakan program studi yang dibuka untuk jenjang D3 RPL. Sedangkan untuk program alih jenjang ke D4 kita membuka program studi Teknik Listrik, Teknik Elektronika Telekomunikasi serta Sistem Informasi,”

Nantinya, proses perkuliahan akan dilakukan dengan metode blended learning, yaitu kombinasi perkuliahan daring dan luring.

Sementara itu, Retno Tri Wahyuni, S.T., M.T., selaku Tim Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Politeknik Caltex Riau  mengatakan RPL adalah pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal atau non formal atau informal, dan/atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi, dimulai dari level 3 KKNI atau (Program D1) sampai dengan jenjang kualifikasi level 9 KKNI (Program Doktor).

Ia juga menambahkan nantinya para peserta akan mengikuti proses asesmen untuk mengakses pengetahuan dan skill mengacu pada capaian pembelajaran mata kuliah di program studi yang dituju.

“Pengalaman kerja, bidang pekerjaan dan sertifikasi kompetensi merupakan salah satu dokumen yang di asesmen oleh para asesor untuk pengakuan terhadap capaian pembelajaran sehingga dapat diakui sebagai sistem kredit semester (SKS) yang dapat mengurangi masa studi,”pungkasnya.

Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru dan dapat menghubungi panitia 0811-758-0101 atau email di pmb@pcr.ac.id


Back to top