Pekanbaru (21/7) – Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Caltex Riau melakukan seleksi kandidat peraih Beasiswa Bidikmisi Pemerintah Provinsi Riau. Sebanyak 78 Siswa mengikuti seleksi ujian beasiswa ini dan dibagi dalam beberapa sesi pada hari Selasa hingga Rabu, 21 - 22 Juli 2020 di Kampus PCR.

 

Beasiswa Bidikmisi Pemprov Riau ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi baik di prestasi akademik maupun non akademik namun kurang mampu secara finansial dan berasal serta ber-KTP Riau. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk bantuan biaya perkuliahan dan uang saku.

Ketua PMB PCR 2020 Roni Novison, S.T., M.T. mengatakan sosialisasi beasiswa ini telah dilakukan melalui beberapa media baik media sosial maupun media lainnya.

“Kita telah melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur Beasiswa Pemprov ini sejak bulan Juni lalu. Kita menggunakan beberapa akun influencer di Provinsi Riau serta tidak lupa untuk menghubungi sekolah dalam penyebaran informasi.” katanya.

Roni juga mengucapkan bahwa proses pendaftaran dan pengiriman berkas pengajuan juga diperpanjang sehingga banyak calon mahasiswa yang berkesempatan untuk mengikuti proses seleksi  Beasiswa Bidikmisi Pemprov Riau  agar bisa melanjutkan kuliah di Politeknik Caltex Riau.

“Sebelumnya pendaftaran kita tutup pada tanggal 8 Juli, dan kita perpanjang hingga tanggal 15 Juli, kita mendapatkan berkas yang masuk sebanyak 87. Berdasarkan seleksi administratif, kita meluluskan sebanyak 78 calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi ujian tes potensi akademik (TPA) dan wawancara,” ujarnya

Sesuai dengan arahan pemerintah terkait protokol kesehatan pada era Perilaku Hidup Baru (PHB) di Kota Pekanbaru, Politeknik Caltex Riau menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses pelaksanaan seleksi ujian TPA dan wawancara.

“Sebelum memasuki kawasan kampus, kita lakukan pengecekan suhu kepada seluruh peserta, kemudian kita mewajibkan peserta untuk menggunakan masker, face shield dan sarung tangan selama mengikuti seleksi ujian TPA dan wawancara. PCR juga menyediakan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer di beberapa titik lokasi ruangan seleksi berlangsung. Selain itu, para staf yang menjadi petugas dalam seleksi ini juga kita wajibkan mengikuti protokol kesehatan sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Politeknik Caltex Riau,” tegas Roni.

Pemerintah Provinsi Riau melalui Politeknik Caltex Riau menjaring putra putri daerah Riau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan memberikan beasiswa kepada putra putri daerah. Hal ini merupakan bentuk sinergi pemerintah daerah dengan institusi pendidikan dalam memajukan daerah Riau. Kerja sama ini merupakan wujud dari kepercayaan Pemerintah Provinsi Riau terhadap Politeknik Caltex Riau sebagai institusi pendidikan untuk menghasilkan putra putri daerah yang berpengetahuan baik skill maupun soft skill. 

 


Back to top